From this Moment...

Daisypath Anniversary tickers

April 8, 2012

Arisan LM

Hey...hey..udah lama ga nulis yang agak serius ya..
Sekarang mumpung ada waktu (long wiken githu lohh), makanya saya sempetin buat nulis yang agak serius deh. Ceritanya saya cuman mau sharing soal salah satu metode investasi saya dan temen-temen kantor yang udah qt jalanin kurang lebih 2 tahun.

Begini ceritanya...
Satu hal yang saya syukuri kerja di bank (yg pastinya banyak org dgn bekgron bisnis or ekonomi) ini adalah bahwa semua temen2 saya, dari yang senior (*instead of saya tulis "tua") dan yang junior sekalipun, semuanya melek dan sadar investasi. Banyak lho temen2 saya yang jauh lebih muda, tapi udah maju banget di urusan investasi ini, mereka ada yg udah merintis bisnis rental mobil, join punya lapangan futsal, dll. Nah, karna itu saya pun maluk kl tetep "bego" soal investasi ini....meskipun tetep aja yah bowwkk, nyali saya ini masih memble bgt kl disuruh invest yg macam buka usaha sendiri gitu. Mainannya masih yg amatiran, yang aman2 aja n pasti-pasti aja...(hihi, jiwa pengecut ga bisa ilang!). Salah satu yg simple, aman, mayan high return dan ga rempong adalah "Arisan Logam Mulia/ LM".

Arisannya sendiri diundi tiap bulan PAS tanggal gajian (biar uang qt belum sempet kemana2), demi mendisiplinkan diri menerapkan prinsip "investment first, spending later". Caranya, 1 group arisan itu terdiri dari 5 orang. Pada dasarnya banyaknya anggota grup ini siy tergantung kebutuhan ya, mau lebih banyak boleh, lebih sedikit juga boleh.. Kalo lebih banyak keuntungannya ya iuran arisannya lebih sedikit (ga menguras kantong) tapi resikonya ya probabilitas dapet arisannya lebih kecil n lama. Sebaliknya kl jumlah anggota grupnya sedikit...iurannya lbh gede tapi lebih cepet dpt giliran dapet arisannya ^_^.

Nah, diantara qt ber-5 ada yg bertugas jadi bu Bandar. Jadi tiap tanggal gajian, dia quote harga LM (dgn berat yg telah disetujui) berdasarkan harga yg tercantum di web nya PT ANTAM. Nah dari harga LM seberat itu trus dibagi 5. Harga pembagian itulah yang harus di"sawer" sama seluruh member grup arisan. Misalnya niy yah..kl grup yg saya ikutin, patokan harga LM yang dipake itu LM seberat 25 gr. Nah, kl di web ANTAM harga LM 25 gr itu berkisar antara Rp 12.5 juta sampe Rp 12.9 juta. Nah kl dibagi 5 ya berarti 1 org musti bayar arisan sekitar Rp 2.5 juta. Abis gitu dikocok deh nama member grup yang akan dapet jatah arisannya. Kalo udah dapet 1 nama, anggota grup yang ga dapet wajib mentransfer uang sejumlah tadi ke org yang dapet. Jadi at the end, yang menang bakalan dapet transferan duit sejumlah sekitar Rp 10 juta! Rp 2.5 juta sisanya gimana?? Ya itu adalah bagian saweran yg juga harus dia tanggung :)

Ow ya, soal berat LM yg mau dijadiin patokan itu tergantung kesepakatan grup yah....Kl pertimbangan grup saya pilih 25 gr antara lain krn berat segitu itu tergolong likuid lah kl mau dujual lagi, ga sesusah menjual LM yg beratnya lebih berat dari 100 gr atau lebih kecil dari 10 gr. FYI, di pasaran itu rata2 org nyarinya LM dgn berat antara 10 gr sampe 100 gr. Jadi kl mau jual ga harus ke ANTAM alias bisa dijual di toko emas manapun. Kalo beratnya terlalu berat atau terlalu kecil kayanya harus jual ke ANTAM deh..ini yg rempong, secara kantor ANTAM buat jual beli beginian itu mayan jauh di Pulo Gadung *males tingkat dewa*. Lalu...kenapa kami ga pilih yg 50 gr or 100 gr, biar tiap 5 bulan dapet LM berat segitu?? Hoho...tidak lain dan tidak bukan krn saya sadar diri, kl uang gaji saya dipotong sedemikian besar (lbh dari Rp 2.5 jt), bakalan terombang-ambing lah kantong saya nantinya. *jadi inget cicilan2 lain...uhuk..uhuk..batuk rejan tiba2*.

Dengan metode arisan LM gitu kan artinya tiap bulan qt sudah memaksa diri buat nabung beli LM dan tiap 5 bulan sekali qt dapet LM 25 gr. Hmmm...tapi inget yah...ini siy resiko nya cuman 1: kl qt ga konsisten make uang hasil arisan buat beli LM, uang itu bakalan kepake buat tujuan konsumtif yg ga jelas *trust me, hehe...*. Makanya kl saya pribadi, selesei dapet uang arisan (kl menang), langsung deh saya telpon toko emas langganan saya di Pasar Cikini, Cik Yuli namanya. Saya minta simpenin LM yg 25 gr, trus saya transfer uangnya ke nmr rekening nya dgn harga per hari transfer itu n kl pun ga sempet diambil saat itu, bakalan disimpenin sama dia n bisa saya ambil kapan aja kl sempet dgn bawa bukti transfer (bisa lewat ATM, internet banking or transfer teller). Nanti pas diambil, saya bakal dapet LM dgn sertifikat komplit yg ada tanggal pembuatannya, jd InsyaAllah dijamin keasliannya. Sebenernya ya kl beli di ANTAM langsung haganya bisa lebih murah lho...tp ya, itu jauhnya bikin saya keringetan ngebayanginnya *lebay*, lagipula ANTAM ga buka kl wiken, jd harus diambil pas hari kerja...*kebayang kan rempongnya!* Lagipula, krn Cik Yuli ini udah langganan saya dan temen2 kantor, dia udah ngerti bgt...jd suka dikasih potongan harga...kadang2 malah lebih murah dr harga ANTAM. Koq bisa?? Ya karena yg dijual ke qt itu mungkin LM dgn tahun pembuatan yg sudah agak lama. But its okay lah...LM is stil LM, bisa dijual disitu lagi koq.

Ini penampakan LM berikut sertifikatnya kl qt beli di ANTAM or Cik Yuli itu...

kl ada yg butuh alamat2 ini ya..

Buat nge-cek harga di web PT ANTAM:

www.logammulia.com

Alamat ANTAM bisa diliat dari web nya yah...

Alamat Cik Yuli:

Toko Jaya Abadi, Pasar Cikini

Telp: 08129055000/ 08161942743

Semoga aja next time saya berani berinvestasi lebih agresif lagi yah...buka lapak kek, OL shopping kek, buka butik kek, beli franchise kek..pokoknya yg bisa bikin qt nge-rem hasrat konsumtif tak terkira dan gaya hidup yg "belum waktunya qt nikmatin" itu...:)

1 comment:

  1. setuju jeng noki.. muda-muda harus investasi biar tua-tua tak merugi

    ReplyDelete