From this Moment...

Daisypath Anniversary tickers

February 3, 2011

Kerja @ Wiken

Heheh...saya posting dgn judul begini bukannya mau belagu, songong, sombong, arogan, lebay, sok sibuk atau apalah namanya.. Ini beneran lumayan sering kejadian sama saya lho! Tapi beneran bukan karena saya super sibuk bak Presiden, bapak2 menteri atau pengusaha, tp karena emang saya ini orang nya antik! Saya ini tipe orang yang ga bisa dipaksa. Dulu waktu kuliah, kalo belajar buat ujian, saya juga ga pernah maksain diri belajar sampe mampus dalam 1 waktu. Prinsip saya waktu itu, pokoknya bahan ujian kelar dibaca (cuman sampe dibaca doang, jarang dihapal, dan lebih jarang lagi dimengerti, hehe). Mau bacanya sekaligus kek, atau dicicil dikit2 kek, itu mah tergantung mood saya aja:-p Jadi, kalau misalnya niy saya mulai belajar magrib dan jam 9 malem saya udah ngantug, saya berenti dan tidur. Ga pernah tuh saya maksain diri buat melek sampe bahan ujiannya habis dibaca. Yang ada saya tidur trus setel jam weker biar bunyi jam 3 atau 4 pagi, dan belajarnya dilanjutin subuh deh:-)

Nah, kebiasaan itu kebawa sampe sekarang. Kayanya emang sifat dasar...semacam bawaan orok! heuheu... Pokoknya prinsip yang saya pegang: kerjaan saya selesei semua! Saya tenang - bos senang. Sekarang tinggal pinter2 nya qt aja atur waktu, time management nya harus bagus (kata Kepala HRD saya di kantor yg lama). Tapi oh tapi, namanya juga Retno....kalo udah capek or suntuk, otaknya beneran buntu. Boro2 deh mikir kerjaan...yg ada cuman bengong sambil brosing2 ga jelas di kompi kantor (termasuk posting2 blog atau blogging2 ke site nya orang).

Hmmm..ow yah, apalagi ditambah 1 kondisi di kantor yang bisa bikin telpon meja bunyi mulu pertanda kerjaan dateng silih berganti, ga jelas, serabutan, pertanyaan tembak langsung (mang dikiranya saya ini org sakti yg bisa jawab semua pertanyaan, apa yah???!?!). Paling ga suka niy kalo kerjaan datengnya lewat telpon..soalnya, rata2 mereka bilang: "Mba, kalo gini gimana? Ayo dunk Mba..jawab aja sekarang, ga usah pake nota resmi...abis urgent banget niy. Ditungguin nasabah!". Kalo udah gitu biasanya muka saya udah kecut! Berharap muka kecut saya juga bisa dia liat dari lobang telpon!!! "gigi lo ditungguin nasabah! emangnya gw kamus berjalan yg tau semuanya. bentaran dunk...gw baca dulu peraturannya! Kalo jawaban gw salah gimana?? situ mau digebukin nasabah?!" Wkwkw, ga deng...ga mungkinlah saya sekasar itu jawabnya, tp intinya siy begitu :-p Trus...masih ada lagi niy kondisi yg buat saya kadang harus kerja 7 hari seminggu, undangan meeting (dari yg penting sampe yg -menurut saya- ga penting) tiada henti. Sehari minimal 2 meeting aja gitu. 1 meeting jarang bgt yg bisa kelar 1 jam. Kayanya minimal 1.5 jam..., biasalah..yg dibahas macem2 bowwk. Bukan cuman aspek legalnya tp prospek bisnis sampe persaingan usaha juga jadi bahan diskusi. Capek deeehhh..:-(

Alhasil, biar kata udah kerja 9 jam lebih sehari banyak juga kerjaan di atas meja (yg resmi disampein lewat nota) ga kepegang. Mau dibiarin aja juga ga tega. Toh saya harus menghargai mereka yg ngasih kerjaan secara "layak" ke saya lewat nota. Masak yg ngasih kerjaan semena2 (cuman lewat telpon, nodong di depan meja, atau lebih parah lagi nodong pas ketemu di kantin) aja saya jawab, yg resmi dan "layak" justru saya kacangin?! Mana tega.... Pokoknya itu harus saya beresin, gimanapun caranya.

Sebenernya bisa siy kalo mau diselesein di kantor sampe tengah malem, tp itu beneran GA EFEKTIF! Makanya, kalo udah di atas jam 7, selesei-ga selesei, saya pulang (kecuali kl ada legal meeting yg urgent atau RKK yah..). Bukan apa2, semakin lama saya duduk manis di kursi kantor, semakin banyak kerjaan serabutan yg saya terima. Percayalah, bukannya kerjaan di atas meja yg kepegang...yang ada telpon bunyi mulu dan kerjaan yg saya "benci" dateng lagi!!! Mendingan saya kabur biar ga bisa ditelpon, hehehe....

Saya ga profesional? ga berdedikasi? ga bertanggung jawab?? Hoho, nanti dulu! *toyor niy yah..* NO WAY!!! Justru hal itu saya lakukan krn saya mau jadi org yang profesional dan bertanggung jawab. Saya mau kerja pake skala prioritas. Kalo semua kerjaan judulnya "URGENT", bisa2 saya ga fokus...ga prudent..dan asal2an krn menurunkan kualitas. So, jalan keluarnya gimana? Kerjaan yg bisa saya bawa pulang ya saya kerjain di rumah. Not really di rumah siy cos kl kerja dirumah, rasanya mustahil. Kasur empuk lebih menarik daripada lap top di atas meja, hehe... Biasanya saya kerjain di tempat yg cozy, bisa lama nongkrong di ruangan adem dan perut kenyang:-) Salah satunya di sini niy...

Yup. Paling sering saya nongkrong di Starbucks. Soalnya bisa lama ngendon di dalemnya tanpa takut diusir (banyak jg koq yg pada kerja disana). Kl lagi kerja di Starbucks saya pasti ditemenin Mas Anto. Dan kami cukup mesen minuman yang buy 1 get 1 pake CC salah satu bank besar itu lho... Selain di Starbucks, biasanya kami sering juga nongkrong kerja di Mc.Donald, Burger King atau JCo. Yang murah meriah lah..:-) Nah, bener kan...herannya, kalo kerja ditempat2 ini, saya bisa lebih fokus dan kerja efektif. Agreement sederhana yg biasanya saya kerjain 4-5 jam di kantor, bisa saya selesein 3 jam an! Ga pake keganggu telpon. *yaiiy*

Nah, tips nya buat yg emang "setipe" sama saya kl kerja...coba deh cr suasana lain buat kerja. Salah satunya ya di tempat cozy yg sesuai minat masing2. Cuman perlu diperhatikan hal-hal2 ini yah:

  • Hindari tempat cozy yg ada di dalem mall. Tempat yg harusnya cozy bisa jd ga cozy krn saking rame n berisiknya. Belum lagi kl kita jd lebih tertarik buat keliling mall, heheh...
  • Cari yg ada free wi-fi nya. Biar kl ada yg perlu dicari (misalnya peraturan), bisa langsung brosing.
  • Bawa "colokan kabel" tambahan, biar kalo "colokan listrik" di sana udah pada dipake org, kita bisa nawarin buat sharing.
  • Pake celana dan kaos yg nyaman. Biar bisa duduk seenak jiwa...ahahay *ketawan suka duduk ga tau diri*
  • Pastiin semua dokumen dan file yg mau dikerjain kebawa. Jgn buru2 berangkat dari rumah atau kantor, biar ga ada yg ketinggalan. Lebih enak lg kl semua dokumen yg diperluin udah disimpen dalam bentuk soft copy, biar ga menuh2 in meja.
  • Kalau pergi berdua (sama temen, pacar atau suami) disarankan buat beli minumnya jgn barengan, biar minumannya abisnya ga barengan. Biasanya kl minuman kita udah habis semua, satpam, penjaga toko atau bahkan pengunjung lainnya yg antri udah melototin kita tuh. Makanya, kl gantian kan berarti ada salah satu minuman kita yg belum abis...jd ga bakal diusir, hehe....
  • Buat temen, pacar atau suami/ istri yg nunggu: bawa kerjaan juga, majalah, koran atau games. Pokoknya biar ga bete pas nungguin yg lagi kerja. Kan ga enak kalo lagi serius kerja malah di jutekin sama temen, pacar, suami/ istri kita.

Nah, kalo tempat2 yg sering saya pake buat kerja @ wiken:

  • Starbucks Thamrin, TIS Square, Kemang, Buncit-Pejaten
  • Mc.Donald Kemang
  • Burger King Thamrin, Codefin-Kemang
  • JCo Pejaten Village

Buatlah kerjaan kita menyenangkan, dengan cara kita sendiri. Yang penting semua beres...ga ada yg dirugiin., dan jangan lupa....jaga kesehatan! Don't push yourself too hard. We deserve to be happy, always...!!!

Happy Chinese New Year!!! Gong Xi Fat Cai...

Happy Holiday, everyone!!!

1 comment:

  1. feel you cantik...tapi, untung dirimu punya cara yaa biar gak terlalu sutriis banget ngadepin kerjaanya. make it fun coz tempatnya itu yaa. good idea. TFS :)

    ReplyDelete